TNI siap layani SMS pengaduan masyarakat

tni berusaha sama melalui empat pengusaha toko jasa telekomunikasi (provider) supaya melayani pesan singkat (sms) gateaway pengaduan dan catatan penduduk dengan kode akses 1978 secara tidak susah serta segeralah.

inspektur jenderal (irjen) tni letjen tni geerhan lantara, mewakili panglima tni menandatangani perjanjian kerja sama mengenai layanan sms gateway melalui empat penyelenggara jasa telekomunikasi (pt. telekomunikasi selular tbk, pt indosat tbk, pt. telekomunikasi indonesia tbk, dan pt xl axiata tbk) pada aula gatot subroto mabes tni cilangkap, jakarta timur, selasa.

layanan sms gateway melalui kode akses 1978 merupakan upaya pelayanan pengaduan warga (dumas) mengenai kinerja tni.

dengan adanya sistem baru tersebut, diinginkan penduduk dapat melaporkan semua tindakan prajurit tni dan melanggar ketentuan berlaku.

Informasi Lainnya:

inspektur jenderal (irjen) tni letnan jenderal tni geerhan lantara, menungkapkan, layanan sms ini dijadikan jenis kepedulian tni pada upaya mencegah juga meminimalisir kemungkinan keberadaan penyimpangan / pelanggaran di penyelenggaraan tugas pokok tni, juga realisasi komitmen tni pada upaya mewujudkan transparansi serta reformasi birokrasi guna mendukung kebijakan pemerintah menuju pemerintahan dan bersih serta menarik (clean government and good governance).

sistem ini ingin memantau semua tindakan prajurit tni yang melanggar ketentuan yang berlaku, katanya seraya mengatakan keempat provider hendak dapat mentransfer info dari penduduk ke server milik tni.

kami bertujuan agar menjalankan akses kontrol sosial. setiap permasalahan yang ditampilkan dalam luar juga dilaporkan penduduk, hendak kami bahas serta dipastikan ingin diselesaikan menurut kebenaran, tutur geerhan.

menurut dia, panglima tni sangat konsern menuntaskan suatu permasalahan dan terjadi yang menyertakan anggotanya. penyampaian info dan betul dan amat diperlukan untuk menuntaskan suatu permasalahan.

irjen tni menambahkan, layanan ini serta agar memberdayakan penduduk dalam rangka ikut juga menciptakan penyelenggaraan negara dan bersih dan bebas daripada korupsi, kolusi, serta nepotisme tergolong tni mampu meningkatkan pelaksanaan tugasnya sesuai melalui harapan warga.

geerhan mengharapkan, layanan single number kode akses `1978` kedepannya mampu menampung ada partisipasi penduduk dalam rangka pengawasan kepada kinerja tni dengan khusus. mou tersebut sendiri ingin berlaku di tiga tahun agar kemudian diperbaharui sesuai melalui perkembangan teknologi.

adapun prosedur teknis pelaksanaan partisipasi penduduk dengan pesan pendek diantara lain pengirim mengirimkan pesan pendek ke tni melalui nomor 1978. kemarin, operator menerima pesan pendek daripada pengirim dan meneruskannya pada bentuk data ke aplikasi server tni yang diakses dengan internet.

selanjutnya server tni melayani data serta masuk ke di aplikasi server tni. tarif biaya dan dimanfaatkan adalah sama melalui tarif pesan pendek biasa pas melalui tarif normal. jadi, tak usah sungkan-sungkan agar mengkritik kinerja tni, ujarnya.